Latest News

Sunday, January 24, 2016

2- Perbedaan Pandangan KRISTEN dan HINDU tentang: Allah,Yesus Kristus,Dosa, dan Keselamatan


2- Perbedaan Pandangan KRISTEN dan HINDU tentang: Allah,Yesus Kristus,Dosa, dan Keselamatan

ALLAH
Kristen
Kekal, berpribadi, keberadaan rohani dalam tiga pribadi, sebagai Bapa, Anak, Roh Kudus. (Mat. 3:13-17; 28:19; II Kor. 13:14)
Hindu
Brahman tidak berbentuk, abstrak, keberadaan kekal tanpa sifat. Mengambil bentuk suatu trimurti juga jutaan dewa-dewa yang lebih kecil.

YESUS KRISTUS
Kristen
Orang Kristen percaya bahwa Kristuslah Anak tunggal Allah Bapa. Ia adalah Allah dan juga manusia, tanpa dosa dan Ia mati untuk penebusan kita (Yoh. 1:13,14; 10:30; 8:46; Ibr. 4:15; Mrk. 10:45; I Pet. 2:24)
Hindu
Kristus hanyalah salah satu dari banyak inkarnasi, atau anak-anak Allah. Kristus bukan Anak Allah yang unik. Ia tidak lebih ilahi dari manusia lainnya dan Ia tidak mati untuk dosa-dosa manusia.

DOSA
Kristen
Dosa pemberontakan, sombong dan keinginan bebas yang memisah manusia dari Allah. Dosa berari gagal memenuhi ukuran yang telah ditetapkan dalam FirmanNya kepada manusia. Dosa harus dihukum, dan akibatnya adalah maut dan terpisah dari Allah selama-lamanya. (Rm. 3:23; 6:23)
Hindu
Baik dan jahat saling berhubungan. Apa pun yang membantu adalah baik; apa pun yang menghalangi adalah jahat. Manusia pasti tersandung pada halangan-halangan tersebut, waktu ia berusaha mengenal dirinya sendiri. Jika ia tidak berhasil dalam hidup ini, ia boleh mencobanya lagi dalam penjelmaannya kembali.

KESELAMATAN
Kristen
Manusia dibenarkan melalui kurban kematian dan kebangkitan Yesus Kristus yang mati menggantikan kita. (Rm. 3:24; 1 Kor. 15:3)
Hindu
Manusia dibenarkan melalui ibadah, meditasi, perbuatan baik dan pengendalian diri.

KESELAMATAN
Kristen
Hanya melalui karya Kristus (Kis. 4:12; Tit. 3:5; Ef. 2:8-10)
Budha
Hanya dengan usaha diri sendiri

Sumber:
HIDUP dan KESAKSIAN
PERSEKUTUAN PEMBACA ALKITAB
Jl. Cempaka Putih Tengah II/1 Blok D-8

Jakarta - 10510

No comments:

Tags